Laporan Khusus

Penggunaan Pesanan Terjadwal GrabFood Meningkat Tiga Kali

08-05-2021

Jakarta, beritasurabaya.net - Penggunaan fitur Pesanan Terjadwal meningkat tiga kali selama dua minggu pertama Ramadan 2021. Fitur ini diluncurkan GrabFood sejak tahun lalu untuk memfasilitasi persiapan awal para konsumen di bulan Ramadan.

Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe, Sabtu (8/5/2021), mengatakan, dari data GrabFood menunjukan selama Ramadan pesanan para konsumen terkonsentrasi di waktu-waktu menjelang berbuka puasa di antara pukul 16.00 WIB dan 17.00 WIB. Di luar bulan Ramadan, jam sibuk terbagi secara merata di waktu makan siang dan makan malam.

“Oleh karena itu, hal ini tentu dapat membebani mitra pengantaran, merchant dan juga platform GrabFood.  Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim, sekaligus menjadi salah satu masa yang paling menantang bagi industri layanan pesan-antar makanan. Misalnya, para konsumen menggunakan GrabFood secara berbeda dibandingkan dengan bulan lainnya,”tukasnya.

Untuk itu, kata Hadi Surya Koe, setiap tahun, tim teknologi dan operasional Grab  bersiap-siap selama berbulan-bulan sebelum Ramadan untuk merencanakan aspek operasional di periode ini. Dengan fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejak awal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood,  berharap dapat memberikan layanan yang dapat diandalkan oleh konsumen kapan saja sepanjang hari, sekaligus membantu merchant memperoleh penjualan yang maksimal dan memberikan pengalaman konsumen yang bermutu.

Upaya tersebut, meliputi, Inisiatif Ekstra untuk Pengalaman Konsumen yang Luar Biasa. Inisiatif Ekstra ini terdiri dari fitur Pesanan Terjadwal. Pesanan terjadwal membuat konsumen dapat memesan antara 1 jam sampai dua hari sebelum waktu pengiriman yang diinginkan. Pesanan terjadwal diprioritaskan dibanding pesanan on-demand.

Fitur Ambil Sendiri: Ambil Menu Makanan Favorit Keluargamu di Jalan Pulang ke Rumah. Konsumen yang masih memiliki kegiatan di luar rumah dapat mengambil makanan untuk berbuka puasa bagi keluarga menggunakan fitur Ambil Sendiri, sebelum pulang ke rumah. 

Fitur GrabFood ‘Ambil Sendiri’ dirancang untuk menghemat waktu. Fitur ini memungkinkan konsumen dapat memesan makanan untuk dibawa pulang ke rumah tanpa harus mengantri di restoran favoritnya, dengan tambahan kenyamanan fitur pembayaran non-tunai.

Transparansi Estimasi Waktu Kedatangan (ETA) pesanan sebelum Anda memesan. Untuk mengelola ekspektasi konsumen dengan lebih baik dan membantu mereka merencanakan waktu makan mereka, GrabFood menyajikan estimasi waktu tunggu untuk pesanan makanan sebelum konsumen melakukan pemesanan di mitra merchant tertentu. 

Setelah pemesanan dilakukan, konsumen dapat memantau status pemesanan dan ETA secara real-time di dalam aplikasi Grab. “Dalam dua minggu pertama Ramadan 2021, GrabFood mencatat 28 menit rata-rata waktu ketibaan makanan,”tukasnya. 

Selain Inisiatif Ekstra, GrabFood juga menyediakan Kelola Pesanan Secara Efisien untuk Pengalaman Konsumen yang Lebih Baik. Melalui Fitur Mode Sibuk untuk Membantu Mengelola Ekspektasi Konsumen. Selama Jam Sibuk, beberapa mitra merchant memiliki akses ke fitur yang disebut "Mode Sibuk".

Ketika mitra merchant memilih opsi ini, konsumen akan diberitahu bahwa mungkin ada keterlambatan pengantaran dari mitra merchant  dan menunda keberangkatan mitra pengemudi kami sehingga mereka tiba di toko tepat pada waktunya untuk mengambil pesanan. Fitur ini dapat mengelola ekspektasi konsumen sebelum dan ketika mereka memesan.

Kemudian Manajemen Inventaris melalui Aplikasi GrabMerchant. Mitra merchant dapat memanfaatkan Sistem Manajemen Inventaris dalam aplikasi GrabMerchant untuk mengatur jumlah item yang tersedia dan memantau pasokan mereka untuk menghindari pembatalan pesanan. Model Machine Learning Grab dapat memprediksi kapan barang terjual dan menandainya sebagai tidak tersedia.

Persiapan dari tim GrabFood sebelum Ramadan. Sebelum bulan suci Ramadan, tim GrabFood mempersiapkan mitra merchant  tentang apa yang bisa mereka persiapkan selama Ramadan. Tim secara proaktif menghubungi mitra merchant dan mengirimkan buletin yang meliputi kiat sukses Ramadan (misalnya memperbarui jam buka toko, mengelola inventaris, fitur produk yang disarankan untuk digunakan), dan studi kasus dari sesama mitra merchant.

GrabFood juga Meningkatkan Ketersediaan & Efisiensi Mitra Pengiriman. Ini dilakukan melalui Survei dan Insentif Mitra Pengiriman. Ketersediaan mitra pengantaran cenderung sangat berbeda selama 3 hari pada libur Lebaran. 

Sebelum Ramadan dan Lebaran, GrabFood telah melakukan survei untuk lebih memahami dan merencanakan ketersediaan mitra pengemudi selama liburan. Survei tersebut juga membantu tim merencanakan insentif khusus untuk meminimalisir kekurangan pasokan berdasarkan hasil survei dan pola historis.

Kemudian, Peningkatan Radius Pencarian dan Pengelompokan Pesanan. Ketika volume pesanan melebihi jumlah mitra pengantaran yang tersedia di sekitar area pengambilan makanan, sistem Grab akan memperluas radius pencarian untuk meningkatkan tingkat pemenuhan. Fitur pengelompokan pesanan juga akan diterapkan untuk memaksimalkan efisiensi pengantaran.

Untuk memastikan bahwa semua inisiatif berjalan dengan lancar, Hadi Surya Koe menegaskan, tim teknologi Grab juga siap siaga selama 24/7 untuk mendukung setiap masalah yang mungkin terjadi. Sebagai layanan pesan-antar makanan terkemuka di Indonesia, GrabFood berupaya untuk memberikan layanan pesan-antar makanan yang istimewa dan pengalaman konsumen yang menyenangkan di setiap kesempatan.

“Kami tahu betapa pentingnya makanan selama Ramadan, karenanya tim kami bekerja sangat keras untuk melayani dan mendukung para pengguna dan mitra kami. Melalui fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejakawal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood, kami berharap dapat menjadi layanan yang dapat dipercaya konsumen kapan saja,”pungkas Hadi Surya Koe. (noer soetantini)

Teks foto :

Senior Product Operations Manager, Grab Indonesia, Jovian Onggowinarso (kiri) dan Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Kow.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927