Laporan Khusus

Berkat Indosat Ooredoo 4G Plus Kuat, Tugas WFH Selesai Tepat Waktu

11-06-2021

Nafisah Khattab (26) terlihat serius mengerjakan tugas kantor di rumah sambil mengawasi sang buah hati, Dhanis (1,5 tahun). Maklum asisten rumah tangga tidak kembali bekerja pascalebaran, sehingga urusan rumah tangga dikerjakan sendiri terkadang dibantu mertua.

Work from Home (WFH) masih diberlakukan  oleh kantornya, sejak pandemi COVID-19 hingga saat ini. Imbasnya, kantor membuat jadwal karyawan bergantian WFH dan Work From Office (WFO). Dalam seminggu, Nafisah kerja di kantor tiga hari (Senin, Rabu, Jumat) dan diluar itu, kerja di rumah tepatnya di Perum Babatan Pilang Surabaya.

Menurut Nafisah, awal pandemi malah full kerja di rumah. Apalagi tahun lalu anak masih bayi, jadi oleh kantor memang bagi ibu hamil dan menyusui, bekerja penuh di rumah. Yang lainnya, masuk kantor hanya 2 hari dan itu pun bergantian karena memang mengikuti kebijakan pemerintah.

“Saat ini, tergantung situasi dan kondisi Kota Surabaya. Jadi kantor tetap memberlakukan WFH dan WFO secara bergantian,”tukas Nafisah yang baru dua tahun menjadi pegawai negeri.

Bekerja secara WFH maupun WFO sebenarnya, bagi Nafisah, tidak ada masalah. Meski harus sering menggunakan koneksi internet untuk virtual meeting, --sehari bisa 2 agenda Webinar-- Nafisah selalu mengandalkan IM3 4G Plus dari Indosat Ooredoo untuk urusan pekerjaan. Biasanya virtual meeting ada yang jadwalnya mendadak dan ada yang sudah terjadwal, termasuk mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka program S1.

Berkat 4G Plus Kuat, Nafisah mengakui, pekerjaan kantor tuntas tepat waktu. Ini bukan semata-mata koneksi internet yang stabil karena lokasi rumah berada di areal perkotaan, namun karena biaya koneksi internet juga terjangkau. Sebagai pegawai negeri tentunya harus bisa mengatur biaya internet dan pengeluaran rumah tangga.

Jadi dia memilih paket Freedom Apps FUN 10GB untuk 30 hari. “Harga paketnya sangat terjangkau Rp39.800 per 30 hari, koneksi lancar dan suaranya jernih. Sesekali jika kerja di kantor video call tanpa delay dengan orang rumah untuk menanyakan si kecil ,”tukasnya.

Dengan paket Freedom Apps FUN, dirinya juga bisa memanfaatkan aplikasi untuk membeli kebutuhan rumah via online. Termasuk mencari hiburan yang tersedia di aplikasi saat pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah selesai.


Hal senada juga disampaikan Eflin Rote (30) jurnalis Pos Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pekerjaan yang menuntut kecepatan update berita sangat terbantukan dengan jaringan internet 4G Plus Kuat. Eflin dan Gorbachev Rumung sang suami saat bekerja di rumah, memilih menggunakan paket Freedom Apps FUN 10GB untuk 30 hari. Dengan paket tersebut sangat menghemat dan mendukung pekerjaan dirinya dan suami.

“Selama pandemi, suami juga lebih banyak kerja di rumah. Sementara saya sendiri, baru liputan keluar rumah saat ada peristiwa tertentu yang mengharuskan datang ke lokasi,”ungkap Eflin.

Menurut Eflin, jaringan internet Indosat Ooredoo 4G Plus Kuat sangat stabil di Kota Kupang. Bahkan saat Badai Seroja menghantam NTB dan NTT, jaringan Indosat Ooreedoo normal-normal sehingga untuk update berita tidak ada kendala.

“Sebenarnya awal mula yang menggunakan Indosat Ooredoo suami dan sudah cukup lama. Selama menggunakan tidak pernah ada masalah atau kendala sinyal hilang atau koneksi putus-putus. Begitu pula kalau video call juga jelas dan suara jernih,”tukasnya.

Selain kualitas jaringan 4G Plus Kuat yang tidak perlu diragukan lagi, tambah Eflin, biaya paket data juga terjangkau. Bagi Eflin, biaya paket data sangat penting terlebih selama pandemi COVID-19.

Dirinya harus benar-benar mengatur anggaran rumah tangga agar tidak kedodoran. Terlebih sejak lahir sang buah hati, Caesar Rumung (8 bulan), otomatis harus diatur mana kebutuhan yang penting dan mana yang bisa ditunda.

“Karena pekerjaanku tidak bisa lepas dengan koneksi internet, maka harus dipilih operator yang bagus tapi ramah di kantong. Akhirnya sepakat dengan suami, paket Freedom Apps Fun 10GB untuk pekerjaan dan hasilnya, pekerjaanku dan suami sangat terbantu dengan koneksi jaringan 4G Plus Kuat,”tambah Eflin.


Jaringan 4G Plus Kuat ada dimana-mana, ini memang benar adanya. Kestabilan koneksi internet tidak hanya dirasakan masyarakat kota saja untuk kebutuhan WFH, tapi juga di wilayah pedesaan.

Joko Sartono (56) guru SD yang tinggal di Desa Tulung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo membenarkan hal tersebut. Joko mengaku sudah lama menggunakan IM3 paket Unlimited dari Indosat Ooredoo. Paket Unlimited tersebut dimanfaatkan untuk mendukung aktivitasnya sebagai pendidik.

Pandemi COVID-19 yang sudah setahun ini membawa dampak tersendiri bagi dirinya. Seluruh proses belajar mengajar dilakukan secara daring dengan murid-murid.

Awal pandemi tahun lalu, banyak murid kesulitan menjalani kegiatan belajar secara daring. Penyebabnya beragam, antara lain, belum banyak orang tua memiliki smartphone 4G, sementara untuk pembelajaran terkadang dilakukan dengan tatap muka dan tugas-tugas yang dikirim via Whatsapp. Tidak itu saja, untuk belajar daring ini dibutuhkan konsistensi orang tua dalam mendampingi anak mengerjakan tugas-tugas sekolah.

“Mayoritas orang tua di sini petani dan saat sekolah daring, orang tua masih di sawah. Alhasil, anak-anak yang orang tuanya sibuk di sawah saya suruh belajar ke rumah meski tetap menggunakan protokol kesehatan. Sedangkan sisanya tetap belajar secara daring,”ujarnya.

Di Desa Tulung yang berjarak 7 kilometer dari Kota Kabupaten Ponorogo, kata Joko, banyak warga yang menggunakan Indosat Ooredoo karena koneksinya sangat stabil, kuat dan untuk harga paketan juga terjangkau.  Dulu beberapa muridnya juga ada yang menggunakan paket IM3Class yang harganya Rp1.  Ada juga yang menggunakan bantuan kuota dari Indosat Ooredoo terkait kebijakan pemerintah untuk program pembelajaran jarak jauh (PPJJ).

Menanggapi tentang persiapan proses belajar mengajar secara hibryd, Joko mengatakan, tidak ada masalah. Selama setahun ini, dirinya sudah mempersiapkan murid-muridnya untuk belajar baik di rumah maupun di sekolah di era new normal ini.


Jaringan 4G Plus Kuat Indosat Ooredo

Pengalaman pelanggan Indosat Ooredoo merasakan jaringan 4G Plus Kuat memang bukan hal yang melebih-lebihkan. Mereka bicara sesuai fakta di lapangan dan sangat membantu kegiatan mereka bekerja dari rumah.

Indosat Ooredoo memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan 4G Plus Kuat mulai  tahun 2018 dari Lampung, Makassar, Banjarmasin dan Medan. Tidak berhenti sampai disitu, pengembangan jaringan terus dilakukan sehingga cakupan 4G Plus Kuat elah menjangkau lebih dari 80 persen dari total wilayah di Indonesia dan masih terus berkembang.

Dengan perluasan dan peningkatan jaringan 4G Plus,  internetan makin kuat dimana saja dan kapan saja. Pelanggan bisa menikmati streaming musik dan film tanpa buffering, video call tanpa delay, main game online tanpa lag, update media sosial sepuasnya, browsing informasi untuk pekerjaan, ataupun berbisnis online dengan lancar.

Pengguna juga bisa membagikan keseruannya saat travelling keliling Indonesia karena 4G Plus Kuat kini ada dimana-mana. Selain itu, bisa memilih paket data sesuai dengan kebutuhan baik  paket Unlimited, Yello dan Freedom. Pembelian kartu perdana prabayar bisa dilakukan secara online melalui aplikasi myIM3 dan website im3.do/shop. Tersedia 3 paket data yakni paket Data New Freedom 25K, 50K dan 75K.

Dengan menggunakan jaringan 4G Plus Kuat, internetan sambil nelponan,  kata SVP Head of Regional East Java Bali Nusra Indosat Ooredoo, Soejanto Prasetya, menjadi mudah karena dengan terhubung Voice over LTE, sekarang bisa multitasking telpon dan internetan berkualitas yang bisa memudahkan keseharian pelanggan. Suara jernih kualitas HD, koneksi cepat, tidak ada tarif dadakan saat  langsung terhubung VoLTE. Dan terkoneksi tanpa aktivasi karena Kartu bisa langsung terhubung dengan jaringan VoLTE.

Kekuatan jaringan 4G Plus Kuat ini mendapat pengakuan pada ajang Open Signal Award di penghujung 2020. Indosat Ooredoo berhasil meraih predikat Global Rising Star dengan tiga penghargaan (Upload Experience, Download Experience, dan Video Experience).

Ini membuktikan Indosat Ooredoo semakin terpercaya untuk bisa memberikan pengalaman terbaik kepada para penggunanya saat internetan. Dengan jaringan 4G Plus Kuat dari IM3 Ooredoo, sekarang bisa streaming lebih lancar. Internetan jadi makin cepat, lebih kuat di luar dan di dalam ruangan, juga jangkauannya yang lebih luas.

Indosat Ooredoo ditempatkan sebagai Global Rising Star untuk Download Speed Experience, peningkatan menunjukkan 101,8 persen, satu dari hanya 3 operator global yang menggandakan pengalaman kecepatan unduh mereka, sedangkan rata-rata peningkatan global adalah 22,1 persen.

Diukur dalam satuan Mbps, Download Speed Experience menunjukkan rata-rata kecepatan unduh yang dialami oleh pengguna di seluruh jaringan data seluler operator. Sedangkan untuk Upload Speed Experience, Indosat Ooredoo mencapai peningkatan sebesar 88,3 persen dibandingkan rata-rata global 27,4 persen.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, sangat bangga atas penghargaan Global Rising Star untuk Pengalaman Video dan dua penghargaan penting lainnya dari Opensignal. Penghargaan tersebut menegaskan hasil dari pendekatan agresif berkelanjutan untuk perluasan jaringan guna menghadirkan pengalaman berkualitas video kepada pelanggan.

“Kualitas jaringan adalah salah satu pendorong utama bagi Indosat Ooredoo untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, mendukung kebutuhan pelanggan untuk memperkaya kehidupan digital mereka dan berkontribusi mewujudkan visi Indonesia menjadi bangsa digital,”tukasnya.

Sementara itu, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, menjelaskan, perusahaan mengalokasikan spektrum dan infrastruktur 3G untuk mempercepat penggelaran jaringan 4G di berbagai wilayah Indonesia. Ini seiring dinamika pasar saat ini adanya peningkatan permintaan lalu lintas jaringan 4G serta penurunan 2G dan 3G.

Indosat Ooredoo juga menambah 30.000 Base Transceiver Station (BTS) baru untuk mempercepat penggelaran jaringan 4G di Indonesia. Dengan jumlah BTS tersebut, BTS 4G bertambah dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Kecepatan download juga ditingkatkan dari 14 Mbps ke 15,5 Mbps.

Penambahan BTS baru tersebut juga mengimbangi pertumbuhan jumlah pelanggan yang saat ini mencapai 60 juta lebih pelanggan. Jumlah pelanggan perusahan telekomunikasi Indosat Ooredoo pada akhir 2020 lalu mengalami kenaikan. “Pada September 2020 lalu, jumlah pelanggan mencapai 60,4 juta. Ini naik 2,8 persen  dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, yang sebanyak 58,8 juta pelanggan,”paparnya.

Ia menambahkan Indosat Ooredoo juga mencatat basis pelanggan setia, tumbuh 7 persen YoY. Pendapatan rata-rata per Pelanggan (ARPU) meningkat 11 persen YoY menjadi Rp32,7 ribu. Ini didorong oleh pertumbuhan trafik data yang signifikan, meningkat 46 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. (noer soetantini)

Teks foto :

1.Pelanggan setia Indosat Ooredoo, Nafisah, merasakan manfaat menggunakan jaringan 4G Plus Kuat untuk mendukung bekerja dari rumah. Selain harga paket data terjangkau, pekerjaan tidak terkendala dengan kekuatan sinyal.

2.User experience Gorbachev Rumung suami Eflin Rote, menggunakan paket Freedom Apps Fun 10GB, menjadi lebih hemat dan pekerjaan juga lancar.

3.Dengan menggunakan jaringan 4G Plus Kuat, internetan sambil nelponan menjadi mudah karena dengan terhubung Voice over LTE, sekarang bisa multitasking telpon dan internetan berkualitas yang bisa memudahkan keseharian pelanggan. Suara jernih kualitas HD, koneksi cepat, tidak ada tarif dadakan saat  langsung terhubung VoLTE.

4.Indosat Ooredoo menambah 30.000 BTS baru mempercepat penggelaran jaringan 4G di Indonesia.

Foto 1 (Titin); Foto 2 (Eflin); Foto 3 dan 4 (Dok.Indosat)

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927