Klub

Asia Selatan Bisa Maju Berkat Energi Terbarukan

20-06-2019

Bonn, beritasurabaya.net - Ekonomi yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara dapat beralih dari jalur intensif karbon saat ini ke energi terbarukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, mendorong pembangunan berkelanjutan dan mengatasi kemiskinan energi selagi menghindari polusi yang mengancam jiwa dan degradasi lingkungan. Ini berdasarkan sebuah laporan baru yang ditunjukkan oleh institut penelitian Climate Analytics.

Energi terbarukan sekarang lebih murah dibandingkan dengan generasi bahan bakar fosil di sebagian besar dunia. Dan energi terbarukan menawarkan cara yang lebih cepat dan lebih murah untuk meningkatkan akses ke energi bersih yang terjangkau bagi jutaan orang.

“Dengan mendekarbonisasi sistem energi mereka, negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara dapat membuat perbedaan mendasar dalam upaya global untuk membatasi pemanasan hingga 1.5°C, sejalan dengan Perjanjian Paris, dan akan menuai manfaat ekonomi dan pembangunan berkelanjutan yang besar dengan melakukan hal tersebut,”kata penulis laporan, CEO dari Climate Analytics, dalam siaran pers, Kamis (20/6/2019).

Laporan tersebut adalah yang pertama untuk menerapkan wawasan dari Panel Antar-Pemerintah terkait Laporan Khusus Perubahan Iklim tentang batas pemanasan global 1.5˚C  untuk kawasan ini, dan menunjukkan bagaimana sistem energi Asia dapat bertransisi menjadi nol karbon, sejalan dengan Perjanjian Paris.

Laporan tersebut juga mencakup studi di tujuh negara yakni India, Pakistan, Bangladesh, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Philipina.

Negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara merupakan salah satu negara-negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim, beberapa di antaranya sudah sangat terasa pada tingkat pemanasan 1°C saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa dampak akan menjadi lebih cepat, menjadi jauh lebih buruk dan membahayakan kehidupan dan pembangunan berkelanjutan bahkan pada pemanasan 2°C kecuali semua pemerintah bertindak untuk mengurangi emisi agar tetap dalam batas 1.5°C Perjanjian Paris.

“Batas 1.5°C berarti sangat mengurangi risiko kekeringan dan tekanan air di Asia Selaran dan Asia Tenggara, yang akan berkontribusi untuk mencapai tidak ada lagi kelaparan, kesehatan dan kesejahteraan yang baik, serta air bersih dan sanitasi,,” kata Dr. Fahad Saeed, Ilmuan iklim di Climate Analytics dan penulis laporan lainnya.

“Hal ini juga akan mengurangi risiko banjir bagi sejumlah besar orang yang tinggal di daerah pantai, serta panas ekstrem yang dapat mencapai tingkat yang tidak dapat ditolerir untuk kesehatan manusia dan produktivitas tenaga kerja, terutama di kota-kota padat penduduk di Asia Selatan,”kata Saeed.

Agar dunia membatasi pemanasan hingga 1.5°C, negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara perlu melakukan dekarbonisasi sistem energi mereka pada tahun 2050 dan sektor listrik memiliki peran penting untuk dimainkan. Menurut penelitian, bagian dari generasi pembangkit listrik tanpa karbon perlu mencapai setidaknya 50 persen pada tahun 2030 dan 100 persen pada tahun 2050. Batubara harus dihapus dari pembangkit listrik pada tahun 2040.

“Rencana untuk penyebaran batubara baru yang besar di beberapa kawasan ini saja dapat menempatkan tujuan dari Perjanjian Paris di luar jangkauan dan melemahkan tujuan pembangunan berkelanjutan, mengingat bahwa negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara menyumbang separuh dari perluasan daya batu bara yang direncanakan di dunia,” kata penulis laporan Paola Yanguas Parra, analis kebijakan di Climate Analytics.

India, Vietnam dan Indonesia sendiri merupakan 30 persen dari ekspansi batubara global terencana.   Bagian penting dari rencana pengembangan batubara ini berasal dari ekonomi Asia yang sedang berkembang yang belum banyak bergantung pada listrik berbahan bakar batubara di masa lalu. Ini termasuk Bangladesh, Pakistan, Filipina, Thailand, Myanmar dan Kamboja, yang bersama-sama menyumbang lebih dari 13 persen dari ekspansi batubara yang direncanakan secara global.

Negara-negara ini perlu segera mempertimbangkan untuk membalikkan tren mereka saat ini dalam memperluas kapasitas pembangkit listrik tenaga batubara, dan sebagai gantinya mengarahkan semua investasi pasokan energi baru ke energi terbarukan, untuk mengurangi risiko aset yang terlantar serta meningkatkan pembangunan berkelanjutan.

Asia Selatan dan Asia Tenggara memiliki sumber daya energi terbarukan yang luas dan sebagian besar belum dimanfaatkan. Dan biaya untuk energi terbarukan dan teknologi penyimpanan energi terus menurun: biaya rata-rata energi terbarukan seringkali sudah dalam kisaran yang sama dengan bahan bakar fosil pada tahun 2016, bahkan tanpa memperhitungkan biaya eksternal seperti kesehatan dan dampak lingkugan dari bahan bakar fosil.

Studi ini menemukan bahwa di seluruh wilayah-wilayah ini, matahari memiliki potensi tertinggi untuk menghasilkan listrik tanpa karbon, diikuti oleh angin. Peneliti Climate Analytics memperkirakan bahwa hanya mencakup 1.5 persen dari wilayah di setiap negara dengan instalasi surya dapat memenuhi konsumsi listrik gabungan di kedua wilayah 13 kali lipat. Antara tahun 2000 dan 2016, keseluruhan listrik yang dihasilkan dari sumber terbarukan di kedua wilayah tumbuh rata-rata sebesar 5.5 persen per tahun; tetapi permintaan listrik melampaui pertumbuhan 6 persen per tahun. Perluasan berskala besar energi terbarukan, terutama matahari dan angin, dapat sepenuhnya memenuhi permintaan listrik yang meningkat di negara-negara berkembang yang dinamis ini.

Karakter biaya terbarukan yang murah dan terdistribusi berarti bahwa sistem energi terbarukan adalah cara termurah dan paling dapat diandalkan untuk membawa energi modern kepada jutaan orang di Asia yang masih kekurangan akses, sehingga mengangkat masyarakat keluar dari kemiskinan, menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi. (nos)

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927