Pendidikan

ITS Luncurkan Sistem Minimalisasi Kecelakaan Laut

17-03-2017

Surabaya, beritasurabaya.net - Melihat makin maraknya kasus kecelakaan operasional kapal dan fasilitas laut di Indonesia akhir-akhir ini, salah satu laboratorium Departemen Teknik Sistem Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berpikir menciptakan produk Automatic Identification System of ITS (AISITS), yakni sistem peringatan dini dan monitoring keselamatan kapal. Soft launching AISITS ini dilakukan pada Jumat, (17/3/2017), di Gedung Nasdec, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya.

AISITS merupakan suatu sistem peringatan dini monitoring dan keselamatan kapal serta instalasi laut berbasis Automatic Identification System (AIS). “Sesuai dengan misi Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim, dengan adanya AISITS ini diharapkan dapat lebih mengembangkan infrastruktur laut di masa depan,”ungkap Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD dalam sambutannya.

Dijelaskan A A Bagus Dinariyana Dwi P ST MES PhD, selaku PIC Tim AISITS, bahwa adanya produk ini berawal dari kerjasama antara ITS dengan International Maritime Education and Research Center Kobe University serta beberapa perguruan tinggi mancanegara antara lain UTM Malaysia, Istanbul Technical University, dan Dokus Eylul University tentang safety operation di laut.

Pengembangan fasilitas dan aplikasi AIS terus dilaksanakan baik melalui skema pendanaan insentif riset dan Calon Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) maupun melalui kerjasama industri. Hasil-hasil pengembangan tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam sistem AISITS ini.

“Peralatan AIS Receiver yang saat ini terpasang di Gedung Nasdec ITS awalnya merupakan hibah dari Kobe University pada tahun 2007,"ujar dosen Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS.

Menurut pria yang biasa disapa Dinar ini, AISITS memiliki beberapa fasilitas yakni real time monitoring system pipa gas bawah laut dan platform, inspeksi kapal realtime (AIS for Ship Inspection and Danger Score), vessel racking system, monitoring bahan bakar dan emisi, dan sistem informasi lalu lintas di pelabuhan.

“Selama ini belum ada sistem yang memonitor dan didesain untuk pendeteksian dini mengenai bahaya-bahaya yang berdampak pada pipa di laut,”ungkap pria berkacamata ini.

Selain itu, lanjutnya, dengan adanya early warning system semakin menyempurnakan produk ini. Sistem ini memberikan informasi kemungkinan terjadinya bahaya pada pipa gas bawah laut dan anjungan lepas pantai (offshore platform) akibat adanya operasional di laut.

Alert system pada produk ini berbasis web dan juga mobile. “Pipa terkadang ada di bawah permukaan dasar laut atau atas yang tidak bisa diterima zona, karena kapal tidak mengetahui kalau ada pipa akhirnya menurunkan jangkar,” ujar pria asal Bali ini.

Dipaparkan Dinar, bahwa inspeksi kapal secara realtime dapat membantu dalam menentukan tingkat prioritas inspeksi terhadap kapal yang akan memasuki pelabuhan (inspection score).

Sistem lain berupa vessel tracking system dapat menampilkan tracking dari kapal berupa garis-garis yang menggambarkan pergerakan dari kapal dalam rentang waktu kapal saat berada di jangkauan peralatan AIS.

“Sehingga informasi ini dapat digunakan untuk menunjang kajian forensik maupun investigasi apabila terjadi kecelakaan yang melibatkan kapal,”sambungnya.

Output dari sistem ini dapat memberikan manfaat ke berbagai pihak seperti kontraktor minyak dan gas (migas) sebagai pihak yang mengoperasikan fasilitas migas, syahbandar dalam memberikan prioritas terhadap kapal-kapal yang akan dilakukan inspeksi, KNKT dalam melakukan investigasi apabila telah terjadi kecelakaan dan pihak lain yang berkaitan.

“Tantangan di hulu migas dan tantangan ke depan semakin berat. Dalam rangka meminimalisasi resiko diperlukan layanan yang realtime dan cepat. Diharapkan AISITS dapat dimaksimalkan penggunaannya saat operasional laut,” pungkasnya. (nos)

Teks foto :

Dinariyana mendemonstrasikan sistem peringatan dini dan monitoring keselamatan instalasi laut.

Foto : Humas ITS.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927