Perempuan

Para Ibu Harus Sehat Mental, Keluarga Ikut Bahagia

23-12-2022

Jakarta, beritasurabaya.net - Semua orang tentunya ingin bahagia, termasuk para Ibu. Tapi sayangnya, semakin dewasa kita akan menghadapi banyak masalah, baik kehidupan rumah tangga, anak, keuangan, dan termasuk juga dalam hubungan.

Tidak semua hubungan berjalan sehat. Beberapa hubungan dipenuhi pertengkaran, tidak dinaungi kebahagiaan dan ketenangan. Hubungan semacam itu kerap disebut dengan istilah toxic relationship atau hubungan yang penuh racun. Demikian bahasan yang mengemuka dalam webinar bertemakan “How to Recover from Toxic Situation”, yang digelar Kata Oma, dalam rangkaian memperingati Hari Ibu dan ulang tahun keempat Kata Oma.

Ada banyak alasan mengapa seseorang terkadang menjadi sangat toxic sehingga sulit untuk keluar dari suatu hubungan tersebut. Menurut Psikolog, Agata Paskarista, M.Psi, yang menjadi satu diantara narasumber webinar, penyebabnya mulai dari pola asuh yang kurang kasih sayang, pernah di-bully dan gangguan mental yang tidak terdiagnosis.

"Ada beberapa tanda orang berada di hubungan toxic relationship. Mulai dari mengorbankan kebutuhan diri sendiri, merasa tidak dianggap, tidak dihargai, merasa sendiri, menarik diri dari lingkungan, selalu disalahkan, jadi berhati-hati dalam bertindak, tidak menjadi diri sendiri, komunikasi berujung cekcok dan ada keinginan balas dendam,” kata Agata.

Agata menambahkan bila orang terdekat berada dalam bahaya fisik karena toxic relationship, maka disarankan untuk melaporkan ke pihak berwenang. Selanjutnya bila kerugian toxic relationsip bersifat emosional/ mental, maka Anda bisa memutuskan apakah mungkin untuk mengatasi masalah tersebut.  Bicarakan dengan orang yang dipercaya, aman, dan Anda merasa nyaman

Jika pemicu yang mendasari misalnya depresi/trauma mempengaruhi perilaku satu atau kedua individu, maka diperlukan perawatan dari ahli. Penyintas kerap membutuhkan pertolongan profesional untuk membantu melepaskan beban emosinya. Anda layak lepas dari perasaan menyalahkan diri sendiri.

Kata Oma sendiri mengusung tema “Ibu, Kamu Harus Bahagia Lebih Dulu”, bagian program Mammasia edisi spesial memperingat ulang tahun Kata Oma yang keempat.  Tema tersebut untuk mendukung para perempuan Indonesia, penjaga keluarga dalam menjalankan perannya sebagai seorang ibu yang selalu sibuk mengurus keluarga. Untuk itu, ibu harus bisa menjaga kesehatan mental agar tetap merasa bahagia. Karena Kata Oma percaya bahwa ibu yang bahagia akan membuat keluarganya bahagia juga.

Mamammia merupakan sebuah program kolaborasi Kata Oma Telur Gabus dan Komunitas Ibu se-Indonesia. Dalam Mamammia edisi spesial kali ini, turut dihadiri oleh Komunitas Mamakstrong, Kidsroom.indo, newssidoarjobabywearers, Seplaydate dan BooEboovaganza.

Founder Kata Oma Telur Gabus, Furiyanti,  mengatakan memasuki usia empat tahun, Kata Oma terus menjalankan misi untuk mendukung dan memberdayakan wanita Indonesia dalam menjalankan perannya sebagai ibu penjaga kehangatan keluarga. Sebagai wujud nyatanya, Kata Oma secara rutin mengadakan platform interaksi seperti Mamammia yang diharapkan dapat memberikan semangat dan inspirasi bagi para ibu penjaga kehangatan keluarga sehingga merasa berbahagia dalam menjalankan perannya sebagai ibu dan istri, karena #HappyMomHappyFamily.

"Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan para komunitas Ibu dalam program Mammamia. Kami percaya bahwa Ibu adalah perekat dan penjaga kehangatan keluarga," jelas Furi.

Ia berharap di usia keempat, Kata Oma Telur Gabus tetap menjadi pilihan Camilan yang #AsliAlamiDariOma. Selama berjalan kurang lebih tiga tahun, Mammamia telah berhasil menyelenggarakan kegiatan dengan 100 komunitas ibu-ibu di seluruh Indonesia. Keberhasilan ini tidak terlepas dari komitmen Kata Oma Telur Gabus untuk ambil bagian dalam eksistensi Ibu sebagai penjaga kehangatan keluarga tetap terjaga dan mendapatkan wadah informasi yang bermanfaat. Sehingga para Ibu akan semakin paham cara-cara terbaik memberikan kenyamanan dan perlindungan untuk seluruh anggota keluarga. Tidak hanya itu, word of mouth (WOM) dan dukungan para komunitas ibu juga sangat besar terhadap kampanye #AsliAlamiDariOma.

Saat ini Telur Gabus Kata Oma memiliki empat varian rasa, yakni Gula Aren, Keju Cheddar, Telur Asin Brebes, dan Balado Padang. PT Unisnack Citarasa Abadi saat ini juga mengirim ekspor Telur Gabus Kata Oma ke Australia, China, Kamboja, Filipina, Taiwan, USA, Malaysia dan Korea. (nos)

Teks foto :

Kata Oma memperingati ulang tahunnya yang keempat.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927