Pendidikan

Yuk Gabung di Program Young Leader 2024

20-08-2024

Jakarta, beritasurabaya.net - Apa yang terlintas dalam benak kita ketika mendengar kata "beasiswa"? Tentu saja hal-hal seperti pendidikan gratis untuk anak-anak terpilih, atau kesempatan mendapatkan pendidikan yang layak serta pelatihan gratis, dan lain sebagainya.

Seperti kita ketahui bersama, pendidikan merupakan salah satu fondasi penting dalam membentuk generasi yang lebih baik di masa depan. Namun, terkadang keterbatasan finansial atau akses dapat menjadi penghalang besar dalam mengejar pendidikan. Oleh karena itu, banyak pihak menghadirkan program beasiswa yang dapat membantu perjalanan pendidikan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh PT Federal International Finance (FIFGROUP), salah satu perusahaan pembiayaan di bawah naungan Grup Astra. FIFGROUP, sejak empat tahun lalu, terus berkomitmen memberikan kontribusi terhadap pembangunan sosial di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, FIFGROUP memberikan perhatian serius terhadap masa depan generasi muda di seluruh Indonesia melalui program beasiswa FIFGROUP Young Leader 2024.

Program ini dirancang tidak hanya untuk memberikan bantuan biaya pendidikan, tetapi juga pengembangan kompetensi bagi para mahasiswa berprestasi yang memiliki potensi kepemimpinan dengan memberikan pengembangan keterampilan peserta dalam memimpin dan mengambil keputusan. Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati mengatakan, sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun ke-35 tahun FIFGROUP, ingin hadir di tengah-tengah generasi muda melalui beasiswa FYL 2024 yang kini sudah diselenggarakan ke lima kalinya.

“Target kami adalah penyaluran bagi 35 mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia, yang nanti akan mendapatkan biaya pendidikan serta rangkaian development journey yang lengkap, dengan total nominal beasiswa yang diberikan adalah sebesar Rp9 juta per mahasiswa, selama 1 tahun,”tukasnya.

Kegiatan ini dilakukan mengingat kondisi pendidikan di Indonesia yang masih menjadi perhatian. Pada tahun 2022 tercatat sekitar 375.134 atau 4,25 persen dari 9,3 juta mahasiswa yang berusia 18-24 tahun mengalami putus kuliah. Situasi ini memicu keprihatinan berbagai pihak, karena Indonesia terus membutuhkan generasi yang berpotensi untuk menjadi penerus bangsa.

Program beasiswa ini hadir untuk memberikan kesempatan kepada Young Leader (sebutan bagi penerima beasiswa) untuk mengembangkan kompetensi yang mereka melalui development journey dari program ini. Kegiatan ini dimulai dari acara seremonial, kegiatan Overview, In-Class Training, dan Team Building yang akan diadakan langsung di Menara FIF. Overview merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan Young Leader pada proses bisnis dan budaya perusahaan FIFGROUP.

Sementara dalam In Class Training, Young Leader akan belajar untuk meningkatkan kemampuannya dalam kepemimpinan, soft skill, kreativitas, design thinking, serta pengembangan karakter dalam konsep 7 Habits. Penutupan kegiatan akan diakhiri dengan kegiatan Team Building, memberi kesempatan kepada Young Leader untuk mempererat hubungan dan kerjasama antar peserta, serta meningkatkan keterampilan interpersonal skill.

Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, dilanjutkan dengan kompetisi Business Plan yang akan dilaksanakan oleh Young Leader di daerahnya masing-masing selama enam bulan. Tentunya, dalam kegiatan ini, FIFGROUP telah menyiapkan hadiah dan penghargaan yang mencapai puluhan juta rupiah.

Young Leader akan terjun langsung ke dunia pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman bekerja, melalui program magang di FIFGROUP. Selain itu Young Leader akan menjadi Brand Ambassador dari FIFGROUP yang akan berperan dalam memperluas nilai inovasi perusahaan.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan dan program magang FYL 2024 akan melahirkan para generasi dengan insan kompetensi tinggi dan tentunya dapat menjadi benih SDM yang berkualitas bagi masyarakat dan negara,” tambah Esther.

Nominal biaya yang akan diterima oleh setiap mahasiswa mencapai Rp9 juta selama 1 tahun. Sehingga dana pendidikan yang diterima oleh 35 mahasiswa yang terpilih pada FYL periode 2024 adalah sebesar Rp315 juta. (nos)

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927