IT & Seluler

SAP Tawarkan UKM Solusi BI

10-05-2011

beritasurabaya.net - PT SAP Indonesia kenalkan solusi Business Intelligence (BI) yang khusus ditujukan bagi segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki jumlah komunitas perusahaan skala kecil dan menengah (UKM) dalam jumlah besar, dimana banyak dari mereka yang memiliki ribuan pekerja dan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Bahkan, di negara-negara kawasan Asia Tenggara cenderung lebih banyak UKM yang terdaftar daripada perusahaan berskala besar. The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) mencatat adanya jumlah UKM sebesar 96% dari total keseluruhan jumlah perusahaan dan mempekerjakan hingga 85% dari jumlah keseluruhan tenaga kerja. UKM juga menyumbang sebesar 30% dari ekspor dan memberikan kontribusi sekitar 50% dari PDB.

Menurut Sugiharto Jakinsjah General Manager (Head of SME) SAP Indonesia, Selasa (10/05), mengatakan meskipun jumlah UKM terbilang cukup banyak dan memberikan kontribusi yang besar terhadap PDB, tetapi sebagian besar UKM belum memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk meningkatkan kegiatan bisnis mereka.

''Banyak UKM yang menggunakan komputer hanya untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari, padahal para pebisnis UKM juga dapat menggunakan TI untuk meramal bahkan mendorong pertumbuhan bisnis mereka ke depan. Oleh sebab itu, data-data lama yang memiliki nilai dan disimpan oleh perusahaan di masa lalu memiliki nilai yang sama pentingnya di masa depan,''ujarnya.

Sementara Nitin Gangla Director Channel Business SAP Asia menjelaskan: BI melakukan proses pengumpulan data, analisa dan meramal kinerja perusahaan berdasarkan data pada masa lalu dan data mentah perusahaan dengan berbasis TI. Melalui keseluruhan data mentah yang ada, maka solusi ini akan menganalisa data tersebut guna mengarahkan perusahaan untuk membuat perencanaan yang efektif dan strategis, serta cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan.

Solusi BI dikembangkan untuk bisa melayani semua jenis usaha, terlepas dari jenis dan skala usaha tersebut. Masih ada solusi BI lainnya yang juga bisa melayani segmen usaha kecil dan menengah guna memungkinkan mereka untuk mengatasi rintangan yang kompetitif dan mencapai kesinambungan jangka panjang bahkan juga untuk mengembangkan bisnis mereka.

Beberapa solusi BI sudah tersedia di cloud dan para penyedia solusi BI pun telah menyadari berbagai kebutuhan unik yang diperlukan oleh UKM. Solusi-solusi baru juga turut dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Cloud computing membuka jalan bagi UKM untuk saling menjalankan bisnis secara berdampingan dan bahkan jika harus berkompetisi dengan perusahaan yang berskala lebih besar.

Dalam lingkungan cloud computing, UKM hanya perlu membayar jasa yang mereka gunakan saja. Infrastruktur TI tidak lagi diperlukan secara fisik, karena semua layanan dapat diakses secara online, sehingga bisa menghemat anggaran peralatan desktop di perusahaan. SAP memiliki Business All in One (BAIO) dan Business Intelligence OnDemand yang tersedia di lingkungan cloud computing, dimana para pengusaha UKM dapat menggunakan berbagai layanan tersebut sehingga dapat mengurangi biaya dalam penggunaan solusi BI.

Sugiharto menambahkan bukan ukuran perusahaan yang menjadi perhatian utama dalam implementasi BI, melainkan bagaimana memanfaatkan data secara pintar. Oleh karena itu, SAP sudah menyediakan layanan Business Intelligence yang telah disesuaikan dengan kebutuhan UKM. (bsn-ai)

Teks foto :

Sugiharto Jakinsjah (kiri) bersama dengan Nitin Gangla (kanan) melihat solusi SAP Business Intelligence yang ditujukan bagi UKM dalam acara SAP SME Summit 2011 pada Selasa (10/5), di Jakarta.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927