Seni & Hiburan

GIK Kembali Angkat Drama Musikal Malin Kundang

21-09-2024

Jakarta, beritasurabaya.net -  Mengangkat tema musikal, Galeri Indonesia Kaya (GIK) menyuguhkan beragam cerita rakyat Indonesia dalam bentuk musikal ke hadapan para penikmat seni, Sabtu (21/9/2024). Hari ini, penikmat seni dihibur dengan sebuah pertunjukan yang diangkat dari cerita rakyat Sumatera Barat, bertajuk Malin Kundang yang dikemas secara kontemporer melalui musik dan tari dengan cara yang baru melalui gabungan akting, tari, vokal dengan penari sebagai alur dalam pertunjukan.

Pertunjukan yang dipersembahkan oleh BOOW Live ini disutradarai oleh Rama Suprapto dan penata musik oleh Dian Hp. Pertunjukan hari ini dibagi kedalam dua sesi yaitu pukul 15.00 WIB dan 19.00 WIB di Auditorium Galeri Indonesia Kaya.

Program Director Galeri Indonesia Kaya, Renitasari Adrian,  mengungkapkan, kisah Malin Kundang tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Sebuah kisah klasik yang sudah diceritakan turun temurun ini, telah mewarnai cerita rakyat anak Indonesia.

“Bersama BOOW Live, kami menghadirkan berbagai cerita rakyat dalam #MusikalDiRumahAja format online yang dimulai sejak masa pandemi beberapa tahun yang lalu. Pada saat itu, lagu-lagu dalam episode Malin Kundang ini sempat viral di sosial media, dan hari ini kami menghadirkan kisah ini di panggung pertunjukan di Auditorium Galeri Indonesia Kaya. Semoga kisah Malin Kundang ini tidak hanya menghibur tetapi juga menginspirasi penonton untuk memaknai kasih sayang, pengorbanan dan karma,”paparnya.


Selama kurang lebih 60 menit, penikmat seni dimanjakan dengan pertunjukan yang kaya akan visual dan musik yang memukau. Melalui tari sebagai pendukung pada alur cerita, pertunjukan ini berhasil membawa penonton kembali seperti ke zaman dahulu dengan akting para pemain seperti Nino Prabowo, Nisa Haryanti, Ade Rianom, dan Group Tari Helda yang memukau berhasil menghidupkan karakter-karakter dalam cerita.

Penikmat seni diajak menyelami kisah klasik Maling Kundang yang bercerita tentang anak yang durhaka kepada orang tua. Setelah meninggalkan ibunya di desa untuk merantau, Malin Kundang kembali sebagai saudagar kaya dengan harta berlimpah, dan juga telah berhasil memperistri seorang gadis dari keluarga terhormat.

Saat sang ibu ingin bertemu dengan Malin, ia menolak mengakui bahwa perempuan tua dan renta adalah ibunya dan bahkan mengusirnya dengan kejam. Seketika, doa ibu yang geram didengar dan membawa bencana kepada sang anak durhaka yang dikutuk oleh sang ibu menjadi sebuah batu.

Nino Prabowo, selaku pemeran Malin Kundang, mengatakan, drama musikal Malin Kundang menyajikan kisah klasik tentang ambisi yang membutakan. Setelah meraih kesuksesan di perantauan, Malin Kundang enggan mengakui asal-usulnya.

“Semoga pertunjukan pada hari ini dapat mengingatkan kita akan pentingnya berbakti kepada orang tua serta melalui kisah ini juga dapat membuat kita merenungkan makna dari kasih sayang dan pengorbanan,”tukasnya.

BOOW Live merupakan pioner dalam industri hiburan digital dalam menghadirkan pengalaman bagi para penggemar musik dan pertunjukan melalui live streaming yang berkualitas. Selama empat tahun terakhir BOOW Live telah menjadi tuan rumah dan wadah bagi lebih dari 100 komunitas seni di Indonesia, yang tidak hanya memperkaya ekosistem seni di Indonesia tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang positif bagi para pelaku seni. (nos)

Teks foto :

Mengangkat tema musikal, Galeri Indonesia Kaya (GIK) menyuguhkan beragam cerita rakyat Indonesia dalam bentuk musikal ke hadapan para penikmat seni, Sabtu (21/9/2024). Hari ini, penikmat seni dihibur dengan sebuah pertunjukan yang diangkat dari cerita rakyat Sumatera Barat, bertajuk Malin Kundang.

Foto : Dok.GIK.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927