Nusantara

Ini Usia Harapan Hidup Kucing dan Anjing di Indonesia

05-08-2024

Jakarta, beritasurabaya.net - Studi terbaru Royal Canin Vet Visitation Research, mengungkap rendahnya usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia. Disebutkan bahwa usia harapan hidup kucing di Indonesia adalah 5,3 tahun, sedangkan anjing mencapai 5,7 tahun, jauh di bawah rata-rata global untuk kedua hewan tersebut, yang mencapai 10-15 tahun untuk kucing dan 10-13,7 tahun untuk anjing.

Studi ini melibatkan sejumlah pemilik hewan peliharaan, yang sebagian besar adalah wanita muda. Mereka mengunjungi klinik hewan pada tahun 2023 di tujuh wilayah utama di Indonesia, termasuk Bali dan Indonesia Timur.

Data yang digunakan dalam studi ini dikumpulkan langsung dari para pemilik hewan peliharaan tersebut selama kunjungan mereka ke klinik hewan. Rendahnya usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk rendahnya kesadaran pemilik hewan kesayangan untuk memeriksakan hewan mereka secara rutin ke dokter hewan.

Menurut studi, 7 dari 10 pemilik hewan kesayangan tidak membawa hewan mereka ke dokter hewan, sementara hanya 17 persen dari mereka yang melakukan sterilisasi pada hewan kesayangan mereka, sebuah praktik yang tidak hanya penting untuk mengendalikan populasi, tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup hewan kesayangan.

Kondisi ini juga diperparah dengan kurangnya interaksi antara pemilik hewan dengan hewan kesayangannya setelah pandemi. Ragam faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia, menunjukkan pentingnya edukasi yang lebih luas dan upaya pencegahan yang lebih aktif untuk meningkatkan kesadaran akan perawatan hewan kesayangan di Indonesia, serta pentingnya peran dokter hewan dalam memastikan kesehatan dan umur panjang hewan kesayangan.

Presiden Direktur Royal Canin Indonesia, Ridarrahim Nirwandar, Senin (5/8/2024), menyatakan, dengan mengetahui fakta yang terungkap melalui studi internal, memotivasi untuk memperkuat komitmen dalam menghadirkan produk dengan nutrisi tepat yang dibutuhkan oleh kucing dan anjing, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan harapan hidup mereka.

Ia menambahkan, rendahnya kesadaran pemilik hewan kesayangan mempengaruhi harapan hidup hewan kesayangan, mendorongnya secara konsisten menginisiasi berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran pemilik hewan akan tanggung jawab mereka terhadap hewan kesayangan. “Hal ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem hewan kesayangan yang sehat, sesuai dengan misi Royal Canin untuk menciptakan Dunia yang Lebih Baik Bagi Hewan Kesayangan,”tukasnya.  

Royal Canin senantiasa berinovasi untuk menghadirkan beragam produk dengan solusi nutrisi yang tepat untuk hewan kesayangan. Saat ini, hampir 300 produk telah dikembangkan melalui riset global yang melibatkan ahli gizi, dokter hewan, dan ilmuwan. secara aktif mempromosikan berbagai inisiatif untuk meningkatkan harapan hidup hewan peliharaan.

Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan sebagaimana yang terungkap dalam studi, industri perawatan hewan kesayangan di Indonesia menunjukkan potensi pertumbuhan yang menjanjikan. Seiring dengan semakin banyak pemilik hewan yang memperlakukan hewan kesayangan mereka sebagai bagian tak terpisahkan dari keluarga, hal ini turut meningkatkan permintaan akan solusi nutrisi premium dan khusus yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan hewan kesayangan mereka yang unik.

Perubahan ini, tidak hanya mencerminkan ikatan emosional yang semakin erat antara pemilik dan hewan kesayangan mereka, namun juga menegaskan betapa pentingnya memberikan perawatan terbaik untuk memastikan kesejahteraan dan usia yang lebih panjang bagi hewan kesayangan mereka.

“Kami meyakini bahwa hewan kesayangan telah memberikan kebaikan dalam hidup kita sehingga kami pun berupaya untuk Menciptakan Dunia yang Lebih Baik untuk Hewan Kesayangan. Hal ini dimulai dengan menjadi pemilik hewan yang bertanggung jawab. Hewan kesayangan bergantung pada kita untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, penting untuk melakukan langkah-langkah proaktif seperti kunjungan rutin ke dokter hewan dan memahami kebutuhan nutrisi mereka. Setiap hewan kesayangan berhak hidup sehat dan berumur panjang, yang dimulai dengan komitmen kita untuk belajar dan menerapkan perawatan yang efektif. Bersama inovasi berkelanjutan dan solusi nutrisi dari Royal Canin, kita semua berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kucing dan anjing, serta memenuhi kebutuhan pemilik hewan peliharaan di Indonesia,”pungkasnya. (nos)

Teks foto :

Usia harapan hidup kucing di Indonesia adalah 5,3 tahun.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927