Laporan Khusus

XL Indonesia Berprestasi Award 2011

20-06-2011

Jakarta, beritasurabaya.net - PT XL Axiata Tbk (XL) terus mencoba membangun tradisi menghargai sekaligus mendukung warga negara Indonesia yang berkomitmen dan mendedikasikan dirinya dalam perbaikan kualitas hidup masyarakat luas. Melalui program Indonesia Berprestasi Award (IB Award), XL akan memberikan tidak sekadar hadiah dan trofi, namun juga dukungan pengembangan kapasitas kelembagaan kepada para peraih penghargaan ini agar mereka mampu memaksimalkan manfaat kerja kerasnya bagi komunitas/masyarakat yang juga lebih luas.

Dirjen Penyelengaraan Pos dan Informatika, Kementrian Kominfo, Syukri Batubara dan Direktur Teknologi & Layanan XL, Dian Siswarini, meluncurkan program IB Award 2011 ini, Senin (20/6/2011), di Jakarta.

Dian Siswarini mengatakan ada perbedaan dalam pelaksanaan program IB Award tahun ini. Jika pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya kita mencari orang yang berprestasi untuk diberikan apresiasi, maka untuk tahun ini XL mencari warga Indonesia yang berprestasi untuk diberikan pembekalan materi, pengetahuan maupun keahlian sehingga bisa mendorong yang bersangkutan untuk bisa lebih mengembangkan prestasi yang sudah dimiliki tersebut. XL akan menjadi fasilitator yang bisa menjembatani para warga Indonesia yang berprestasi untuk bisa berkembang lebih baik lagi.

IB Award 2011 terbuka bagi setiap warga negara Indonesia dengan ketentuan usia di bawah 40 tahun yang memiliki karya inovatif, menginspirasi, serta menawarkan solusi atas permasalahan sosial dan pembangunan. Program ini terbuka untuk kandidat perorangan maupun kelompok yang terdiri dari 3 kategori, yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kewirausahaan Sosial, serta Seni dan Budaya.

Pada setiap kategori akan dipilih satu orang yang akan menerima penghargaan IB Award 2011. Selain itu, XL juga akan menetapkan 1 kelompok peraih penghargaan. Dari semua peraih perorangan dan kelompok tersebut, juri akan memilih yang terbaik di antara mereka yang akan menjadi Best of The Best.

Pendaftaran dibuka hingga tanggal 31 Juli 2011. Keterangan lebih lanjut tentang pengiriman usulan kandidat dan IB Award 2011 bisa dilihat melalui www.xl.co.id/ibawards. Kepada setiap peraih penghargaan, XL akan memberikan dana insentif masing-masing sebesar Rp.50.000.000 (lima puluh juta rupiah) kepada peraih penghargaan.

Selain itu, XL juga memberikan trofi karya seniman Dolorosa, medali dan piagam penghargaan. Kepada masing-masing peraih IB Award, XL juga masih akan memberikan pembekalan berupa pelatihan dan pendampingan selama 3 bulan untuk mengimplementasikan program yang akan dijalankan peraih IB Award.

Sedangkan peraih Best of The Best (terbaik di antara 3 peraih perorangan dan 1 peraih kelompok cross category) akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp 100 juta. Dewan Juri akan terdiri dari Prof. Dr.Umar Anggara Jenie (Ketua LIPI), DR. Ninok Leksono (wartawan senior), Adrie Subono (pengusaha), Dr. Imam B Prasodjo (Sosiolog dan penggiat masyarakat sipil), Atiqah Hasiholan (Artis dan sosialita), serta Dian Siswarini (Direktur Teknologi & Layanan XL).

Dewan juri dipilih berdasarkan kompetensi mereka, dan memiliki hak mutlak untuk menentukan peraih penghargaan IB Award 2011. Indonesia Berprestasi Award (IBA), merupakan sebuah penghargaan terhadap warga negara Indonesia yang terus berkarya dan memberikan kontribusi secara nyata bagi masyarakat Indonesia.

Ajang penghargaan ini merupakan program yang berkelanjutan sejak diselenggarakan kali pertama pada tahun 2007 yang lalu, dan selama ini telah berhasil menjaring beberapa anak bangsa yang telah berprestasi demi kemajuan bangsa.

Penghargaan IBA antara lain telah diberikan kepada Frederik Sitaung seorang guru di pelosok hutan Merauke Papua yang telah mengabdi selama sekitar 20 tahun, Sudiyanto warga Banyumas yang berhasil membuat mesin pompa air tenaga air yang sangat berguna bagi masyarakat petani pedesaan yang kekurangan pengairan, Toto Sugito inisiator gerakan Bike to Work, Gola Gong pendiri tempat belajar dan berkarya Rumah Dunia bagi anak-anak di Banten, Susi Pudjiastuti pengusaha sukses asal Pangandaran yang memberdayakan dan mengangkat perekonomian nelayan di berbagai pelosok Indonesia, serta Bambang Suwerda pendiri Bank Sampah di Bantul yang berhasil mengubah pandangan masyarakat dalam mengelola sampah.

Tahun lalu, penerima IB Award, antara lain, Masril Koto petani di Agam yang mendirikan bank petani, Eko Suprianto penari kelas dunia yang tetap mengajarkan tari tradisional Indonesia kepada anak-anak, serta Alvin Leonardo siswa SMA yang menciptakan antivirus ampuh dan dipakai di seluruh dunia. Dan masih banyak warga negara berprestasi lainnya yang telah mendapat penghargaan IBA sejak tahun 2007. (bsn-ai)

Teks foto :

Adrie Subono, Atiqah Hasiholan dan Dian Siswarini

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927