Laporan Khusus

Bakrie Telecom Integrasikan Pengelolaan Lingkungan

23-09-2011

Jakarta, beritasurabaya.net - Upaya Bakrie Telecom menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang secara komprehensif mengintegrasikan pengelolaan lingkungan di seluruh operasinya rupanya menggerakkan kesadaran internal karyawannya untuk juga menerapkan prilaku sadar lingkungan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Perilaku sadar lingkungan tidak saja dilakukan di lingkungan kantor, tapi juga meluas pada kehidupan pribadi di rumah. Bahkan telah menjelma menjadi sebuah gaya hidup. Mulai dari kebiasaan sederhana seperti penggunaan kembali kertas bekas atau mematikan peralatan komputer dan listrik setelah kerja, hingga upaya serius penghematan energi seperti pemanfaatan energi tenaga angin dan surya bagi peralatan listrik dan lampu di rumah.

Kesadaran lingkungan seperti di atas terlihat ketika Bakrie Telecom mengadakan kompetisi sadar lingkungan di kalangan internal karyawan yang dinamakan ''BTEL Green Heroes''. Kompetisi ini terdiri dari dua kategori yaitu Green Ideas dan Green Lifestyle.

Untuk Green Ideas dipilih karyawan Bakrie Telecom yang memberikan gagasan-gagasan cemerlang dan paling mungkin untuk diimplementasikan di lingkup perusahaan. Gagasan tersebut belum pernah sebelumnya diterapkan sehingga diharapkan dapat memunculkan kebiasaan baru sadar lingkungan di kalangan karyawan internal.

Sementara untuk kategori Green Lifestyle dipilih karyawan yang telah menerapkan kesadaran lingkungan sebagai gaya hidup baik di lingkungan kerja maupun di rumah tempat tinggalnya. Mereka dinilai telah memberikan kontribusi besar untuk menjadi virus kesadaran lingkungan dan menjadi teladan bagi masyarakat di lingkungannya.

Antusiasme karyawan terlihat dari jumlah gagasan yang masuk untuk dikompetisikan. Secara keseluruhan ada sekitar 70 partisipan yang dinilai selama sebulan masa kompetisi berlangsung. Setelah dilakukan penilaian oleh management senior diputuskan ada 2 orang pemenang untuk kategori Green Ideas, yaitu Fedi Aryanto dari divisi Call Centre Surabaya dan Bagus Priyo Suswantoro dari divisi supply chain management.

Sementara di kategori Green Lifestyle terpilih sebagai pemenang adalah Jimmy Damanik dari Divisi Finance, Kukuh Febru Nugroho dari divisi Network Services dan Maman Suparman juga dari divisi Network Services.

''Kami dari management tentu sangat bangga dan berbesar hati bahwa tingkat kesadaran lingkungan di lingkup perusahaan ternyata diikuti dengan langkah kongkrit dari kalangan internal karyawan perusahaan. Justru inilah yang kami harapkan bahwa Bakrie Telecom dan karyawannya telah menghadirkan kesadaran lingkungan yang muncul dari dalam tanpa paksaan dan justru menjadi katalisator bagi lingkungan sekitarnya,''ujar Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom Tbk ketika menyerahkan penghargaan perusahaan pada pemenang BTEL Green Heroes di Jakarta.

Dibawah payung gerakan Hijau Untuk Negeri yang diluncurkan pada bulan November 2010, Bakrie Telecom telah menetapkan 4 tujuan utama. Pertama Bakrie Telecom berkomitmen untuk menggunakan (reuse) atau mendaur ulang (recycle) 75% limbah elektronik yang dihasilkan oleh network dan IT pada tahun 2011. Perusahaan juga akan memastikan bahwa pada akhir tahun ini, 50% capital spending perusahaan sudah sesuai dengan kriteria supplying green.

Disamping itu, menurut Rakhmat, Bakrie Telecom akan berupaya penuh mengurangi 50% emisi gas rumah kaca pada setiap pelanggannya sejak tahun 2009 hingga tahun 2010. Sebagai tujuan terakhir, Bakrie Telecom akan mengumpulkan 50 ribu handset bekas untuk digunakan kembali atau didaur ulang hingga tahun 2012.

Tujuan tersebut didukung oleh inisiatif banyak pihak di setiap departemen termasuk program optimalisasi energi dalam jaringan perusahaan, program ''Supplying Green'' di gudang perusahaan, program penghematan sumber daya, Program SMS pelanggan dan program handset daur ulang. (bsn-ai)

Teks foto :

Green Heroes, adalah para karyawan BTEL yang memiliki gagasan ''Green Ideas'' terbaik serta konsisten menjalankan ''Green Lifestyle'' sebagai bentuk kepedulian karyawan akan lingkungan .Direktur Corporate Services PT. Bakrie Telecom, Tbk, Rakhmat Junaidi (kedua dari kiri) berfoto bersama para BTEL Green Heroes.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927