Kesehatan

National Hospital Luncurkan Show Unit Modern

30-10-2011

Surabaya, beritasurabaya.net - PT Surabaya Jasa Medika meluncurkan show unit modern untuk National Hospital, Sabtu (29/10/2011) malam. Pembuatan show unit ini merupakan sebuah perkenalan awal akan fasilitas National Hospital yang modern serta memperhatikan keamanan dan keselamatan pasien.

Kepedulian ini dapat dilihat pada penggunakan material bangunan dan perlengkapan dengan standar medical grade serta anti bacterial. Sinarto Dharmawan Direktur Utama PT Surabaya Jasa Medika, menerangkan dalam show unit ini, National Hospital hanya menampilkan 2 (dua) tipe kamar dari total 7 (tujuh) tipe kamar yang kami miliki, yakni Ruang Rawat Inap Kelas 1 Executive dan Kelas 1 untuk Anak (Pediatric) serta 1 (satu) Ruang Klinik Rawat Jalan.

Menurut Sinarto, National Hospital ini merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang menggunakan sistem vakum terpadu untuk menjaga tingkat kebersihan yang maksimal dari debu, virus, maupun bakteri yang berada di udara dalam lingkungan rumah sakit. ''Alat vacum cleaner tersebut akan diletakkan di setiap kamar perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan dan area lainnya. Untuk mesin vacum cleaner tersebut ditempatkan di ruang khusus yang terpisah dan terpusat (sentralisasi),''ujarnya.

Sementara itu, Rudy Surjanto Direktur PT Surabaya Jasa Medika, menjelaskan dalam show unit ini menggunakan material dan peralatan yang akan digunakan nantinya di National Hospital. Pada show unit diperkenalkan ambience lighting dimana penggunaan teknologi ini akan membuat pencahayaan secara otomatis mengikuti circadian rhythm yang disesuaikan dengan jam biologis manusia.

''Ini akan membantu pasien merasa lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak sehingga dapat mempercepat pemulihan kondisi pasien dan sangat diperlukan untuk mengurangi permasalahan susah tidur yang kerap kali timbul pada pasien yang diakibatkan oleh lampu ruang kamar yang intensitas pencahayaannya yg sama dari waktu ke waktu,''ungkap Rudy.

National Hospital akan menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi ini pada ruang rawat inapnya. Sinarto menambahkan interior rumah sakit dirancang sedemikian rupa agar meningkatkan keselamatan pasien serta mengurangi cidera yang mungkin timbul, menghindari sudut-sudut runcing pada lemari. Bahkan pada kamar mandi diberikan handling memutar yang dapat digunakan sebagai pegangan pasien.

Dalam show unit ditampilkan penggunaan kabel serat optik untuk komunikasi data, suara, dan gambar dengan kualitas full high definition (1080p). Melalui pengimplementasian teknologi ini di seluruh bangunan gedung menyebabkan gedung National Hospital dapat dikategorikan sebagai The Smart Building.

Dalam segi penerapan teknologi informasi, National Hospital akan menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan Medical Decision Support System (MDSS) dengan tujuan keamanan pasien. Melalui sistem ini, setiap tenaga medis dibantu dengan piranti lunak panduan untuk menegakkan diagnosa medis sesuai dengan gejala yang terjadi pada pasien serta penanganannya.

''Kami juga menerapkan sistem manajemen informasi rumah sakit melalui penerapan electronic medical record secara penuh dan terintegrasi dengan Laboratory Information System, serta Radiology Information System, ''terang Rudy Surjanto. (bsn-ai)

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927